15 Mei 2009

PENTINGNYA KESEHATAN Gigi Dan Mulut





PENTINGNYA KESEHATAN GIGI DAN MULUT






Dulu sewaktu kecil saya tidak diajari kedua orang tua saya untuk merawat gigi,terutama ibu, IBU SAYA ,dalam usia yang masih muda sudah lepas giginya, terutama adalah berlubang,karena tidak terawat satu persatu di cabut.

Sewaktu kecil dulu saya ingat ibu sering menderita sakit gigi.bahkan boleh dibilang terlau sering,kalau sudah berlubang parah ,ibu yang tidak tahan menderita sakit gigi minta di cabut aja giginya,akhirnya sekarang gigi ibu habis,sampai akhirnya menggunakan gigi palsu.

Apa untungnya gigi palsu? Bukannya mempercantik atau membantu mengunyah makanan.lama-kelamaan gusinya longgar akhirnya gigiPALSUnya kadang lepas sendiri,sangat tidak enak bahkan kadang memalukan jika kebetulan ada acara makan- makan bersama harus hati-hati bisa-bisa gigi palsunya copot jadi malu deh.belum lagi jika makan –makanan lengket ,tentu tidak terasa,kalau ada sisa makanan tertinggal di sela-sela gigi palsu kan malu,beda dengan gigi asli akan terasa kalau ada sisa makanan yang lengket di gigi pasti terasa mengganjal karena gigi asli masih mempunyai syaraf.
Kasihan ya? Tidak bisa makan yang kriuk-kriuk kan enak tuh.

Gigi yang tidak terawat lama kelamaan tanggal satu persatu .Kalau gigi sudah ompong satu saja apalagi di samping atau di tengah sangat mengganggu,bisa-bisa kita jadi minder dan tidak PD ,masih muda sudah kelihatan tua,pipi kelihatan kempot pokoknya jelek sekali. Pengalaman dari ibu saya membuat saya ngeri membayangkan jika gigi saya seperti itu.HI HH

Apalagi biaya pasang gigi palsu yang lepasan saja ,saya Tanya sama dokter gigi ,harga satu gigi palsu ,satu juta lima ratus ,wooow belum tentu enak belum lagi merawat dan membersihkannya harus dilepas dulu sangat repot deh.

Ada alternative lain yaitu pemasangan gigi permanen namanya ImplanT, giginya di tanam ke dalam gusi,tapi biayanya sangat mahal jutaan rupiah.

Dari pengalaman ibu saya,dan tidak enaknya memakai gigi palsu ,saya berusaha merawat gigi sejak dini ,Karena gigi adalah INVESTASI bayangkan sendiri begitu mahalnya biaya gigi palsu,belum lagi,rasa tidak nyaman ,dan mati rasa.

Hampir setiap hari kita menemukan orang yang mengalami sakit gigi.Apalagi jika sakit gigi sudah menyerang ,sakitnya luar biasa,semua aktifitas terganggu bahkan bisa memancing timbulnya penyakit lain,seperti sakit kepala dan gangguan pencernaa karena tidak bisa makan.

Untuk itu pentingnya antisipasi sejak dini ,diajarkan kebiasaan sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur,baik anak-anak,ataupun orang dewasa,bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati.?

Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut mengakibatkan banyaknya penderita KARIES atau gigi berlubang.

Hampir 90% penduduk Indonesia mempunyai gigi yang berlubang.Apa penyebab gigi berlubang? Karena tertimbunnya PLAK pada gigi .karena konsumsi makanan manis yang berlebih,terutama anak-anak yang suka permen ,lebih –lebih coklat yang lengket di gigi.pencegahannya, gigi langsung disikat,setelah mengkonsumsi makanan manis,gunakan sikat yang halus,agar gusi tidak rusak dan berdarah.

Penyakit gigi yang lain seperti KARANG GIGI disebabkan oleh kuman dan bakteri yang mengeras akibat mineral air ludah,dan penyakit radang gusi disebabkan oleh kuman dalam gusi yang mengeluarkan racun,inilah penyebab bau mulut.
Pengobatannya dengan menggunakan rebusan daun sirih 10 lembar tambah jeruk nipis dan sedikit garam, ini terbukti sangat ampuh untuk menyembuhkan bau mulut akibat gusi radang atau sariawan,tentu sangat tidak enak dalam pergaulan jika mulut berbau busuk meskipun sudah di bersihkan dengan sikat gigi.ini pengalaman saya pribadi.

Satu lagi saran saya agar gigi Anda bisa lebih awet dan tahan lama.jika Anda sudah menemukan ada tanda-tanda gigi berlubang segera ke dokter gigi untuk di tambal sebelum terlanjur membesar dan menyerang syaraf gigi.ini Saya buktikan, gigi saya bisa bertahan jadi lebih awet dengan di tambal,Jika Anda ke dokter gigi praktek,biaya tambalannya ,dua ratus ribu rupiah,tapi tidak usah khawatir di puskesmas pun kwalitasnya bagus tapi harga lumayan murah ,Cuma lima ribu rupiah,

Menyikat gigi sebelum tidur sangat penting dilakukan karena pada waktu tidur,tidak ada sirkulasi air liur di dalam mulut dan bakteri berkembang sebanyak dua kali lipat lebih banyak dibanding ketika beraktifitas lain di siang hari.Oleh karena itu,menyikat gigi sebelum tidur berkhasiat mengurangi jumlah bakteri yang hidup di dalam mulut ketika tidur.

Nah.. Usaha pencegahan ini dapat membantu mengurangi resiko gangguan pada gigi dan gusi seperti,GIGI BERLUBANG,TIMBULNYA PLAK PADA GIGI,DAN KARANG GIGI,serta infeksi gusi.

Jangan lupa lakukan pemeriksaan rutin 6 bulan sekali,ke dokter gigi untuk membersihkan plak dan karang gigi yang tumbuh sehingga tidak menumpuk.

Sedehana kan? RAWATLAH GIGIMU,SEPERTI MERAWAT WAJAHMU,APA GUNA WAJAH YANG CANTIK TAPI GIGI BAU HHHIIIII jadi kurang PEDE semoga bermanfaat bagi BANGSA INDONESIA TETAP CLIIIIII NG DENGAN SENYUM MANIS…bau nafas yang haruuuum

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda